Thursday, December 20, 2012

Lima Langkah Agar Narsis Terkendali

Selamat datang, selamat membaca. Semoga bermanfaat. :)


Kendati sulit melakukan terapi kepada orang yang mengalami gangguan kepribadian narsistik, guru besar psikologi di Universitas Massachusetts Amherst, Susan Krauss Whitbourne, dalam Psychology Today memberikan tip agar terhindar dari gangguan ini.

1. Kenali kapan Anda sedang terjebak oleh gangguan kepribadian ini. Di antaranya, kapan Anda membuat-buat alasan atas perilaku buruk Anda atau gagal untuk berinteraksi dengan orang yang membantu Anda.

2. Tetap membumi. Meski Anda sudah berprestasi, tetaplah mengejar tujuan awal Anda.

3. Terus menantang keyakinan sendiri. Bila Anda tahu semua orang mengagumi Anda, tanyalah pada diri sendiri dan orang lain, apakah Anda benar-benar luar biasa? Jangan-jangan itu hanya ilusi.

4. Temukan cara jitu untuk meningkatkan harga diri Anda. Orang dengan kadar narsistik yang tinggi cenderung bereaksi buruk ketika hubungan pribadi tidak berjalan baik. Dengan memperkuat rasa percaya diri, Anda bisa membentengi diri dari halangan macam itu.

5. Ubahlah sifat narsis Anda dengan pengembangan diri. Caranya, antara lain, membiasakan diri meminta maaf kepada orang lain.

Sumber : Unikaneh

No comments:

Post a Comment