Tuesday, December 25, 2012

Musik Menjadi 'Agama'?

Selamat datang, selamat membaca. Semoga bermanfaat. :)

http://klimg.com/kapanlagi.com/p/headline/476x238/0000396094.jpg

Musik adalah bahasa universal yang dapat menyatukan seluruh orang di dunia. Bahkan terkadang sebuah band pun memiliki kekuatan untuk menghipnotis dan membuat orang tergila-gila karena lagunya.

Band yang memiliki karya dan performa dahsyat pun akan memiliki sebuah basis fans yang banyak. Para diehard fans inilah yang selalu menyukseskan dan mengangkat band tersebut menjadi besar.

Namun terkadang kelakuan para diehard fans bisa menjadi berlebihan. Pemujaan yang berlebihan bahkan tak sedikit yang mengkultuskan band tersebut menjadi sebuah 'agama.' Terkadang pemujaan para fans ini bisa menjadi hal yang positif atau menjadi buruk. Lantas siapa saja band atau musisi yang dipuja-puja secara berlebihan oleh fansnya?

Iron Maiden

http://carlosnightman.files.wordpress.com/2011/12/iron-maiden-live-at-arena-long-beach-20-february-1991-2-cd-bootleg.jpg

Legenda hidup heavy metal asal British memiliki massa yang sangat banyak di seluruh dunia. Banyak hal yang bisa disukai dari band ini, mulai dari penampilan, konsep musik serta liriknya. Musik Iron Maiden sendiri dianggap memiliki hal positif dari lirik yang mereka sampaikan. Hal inilah yang membuat para fans mengatakan jika Iron Maiden adalah sebuah agama bagi mereka.

Meski para personel Iron Maiden tidak setuju namun mereka tak bisa mencegah kelakuan para fans. Seperti dikutip dari video dokumenter Iron Maiden: Flight 666 yang disutradarai oleh Scott Dunn, diceritakan seorang fans Iron Maiden asal Brazil yang juga seorang pastor mengatakan jika Iron Maiden adalah 'agama' untuknya. Dia mengaku hidupnya diselamatkan oleh lagu-lagu dari band yang masih eksis hingga kini. Dia juga mengajarkan jemaatnya dengan lagu-lagu dari Iron Maiden yang dikaitkan dengan injil yang menurutnya berkaitan.


The Beatles

http://static.guim.co.uk/sys-images/Guardian/About/General/2012/10/4/1349360339464/The-Beatles-008.jpg

Tahun 60-70an dunia diledakkan dengan gelombang pop yang diusung oleh The Beatles. Kuartet asal Inggris ini membuat para pemuda di seluruh dunia menggilainya, dan puncaknya saat The Beatles hijrah ke Amerika. Konser yang mereka gelar setiap Sabtu atau Minggu dipastikan selalu sold out dan dipenuhi oleh fans yang rata-rata wanita.

Banyaknya fans yang datang ke konser The Beatles setiap Minggu membuat John Lennon membuat kesimpulan jika The Beatles lebih besar dari Jesus. Pasalnya orang lebih memilih untuk pergi ke konser daripada ke gereja. Namun quote inilah yang menjadi blunder bagi John dan harus ditebus dengan nyawa. John ditembak oleh fans yang merasa kecewa atas pernyataannya.


Kiss

http://wac.450f.edgecastcdn.net/80450F/ultimateclassicrock.com/files/2011/08/cover_kiss_large.jpg

Nama band rock legendaris ini sempat menimbulkan kontroversi seiring penampilan mereka yang menyeramkan. Banyak yang mengindentikkan bahwa Kiss adalah band satanis, dan akronim Kiss sendiri kepanjangan dari Knights In Satan Service dan Kids In Satan Service. Namun hal tersebut tidak pernah terbukti.


Morrissey

http://ww1.prweb.com/prfiles/2012/06/21/9630733/morrissey.jpg

Bagi fans, Morrissey adalah seorang dewa. Mereka memuja penyanyi ini lantaran memilki karya dan suara yang bagus. Penyanyi yang baru saja menggelar konser di Indonesia ini diakui memiliki kharisma yang memikat dan membuat fansnya terpesona.


Sebenarnya masih banyak lagi musisi yang dipuja-puja oleh fansnya seperti Nirvana, Michael Jackson, Elvis Presley, Lady GaGa atau Super Junior. Kecintaan diehard fans akan idolanya memang sangat tinggi, dan terkadang berlebihan seperti menganggap mereka dewa atau Tuhan misalnya. Dan terkadang menimbulkan reaksi keras dari kaum religius yang tak sependapat.

Sebenarnya hal tersebut hanya perlu ditanggapi secara bijak. Pasalnya ini hanyalah luapan dari ekspresi dari para fans. Setiap orang pasti memilki seorang idola yang dipuja dan pasti akan menyanjungnya. So be wise.

Sumber : Tentang Musik

No comments:

Post a Comment