Saturday, December 22, 2012

10 Album Alternative Rock Paling Legendaris di Era 90-an

Selamat datang, selamat membaca. Semoga bermanfaat. :)

http://klimg.com/kapanlagi.com/p/headline/476x238/10-album-alternative-rock-paling-legend-7b2a9b.jpg

Era 90-an adalah eranya musik alternative rock. Industri musik rock mulai berpaling dari genre hard rock atau heavy metal yang mendominasi pada era sebelumnya. Rambut gondrong dan kostum glamor mulai jarang terlihat di televisi berganti dengan rambut yang lebih rapi dengan dandanan casual.

Musik heavy metal atau hardrock tak sepenuhnya punah, nama-nama besar seperti Bon Jovi, Guns N Roses, Metallica dan lain-lain jelas sulit ditaklukkan, apalagi di awal era 90-an. Masing-masing cabang musik rock memiliki penikmat tersendiri, itu pula yang membuat musik alternative bisa bernafas panjang dan meraih masa keemasannya.

Apa yang disebut dengan musik alternative rock? Sulit menguraikan definisinya secara detail. Namun sebagian penikmat musik menganggap rock alternative adalah cabang dari musik rock yang berkembang pesat pada tahun 90-an. Namun yang jelas musik yang dimainkan tak serumit genre hard rock atau heavy metal.

Di ulasan kali ini kami telah mengumpulkan sepuluh album alternative rock paling berpengaruh dan layak disebut legendaris. Album apa saja? Simak halaman berikut ini.


1. Nevermind - Nirvana

 http://klimg.com/resized/476x/p/Nevermind.png

Nirvana adalah pioner revolusi musik rock era 90-an, dan album NEVERMIND adalah senjata utama mereka. Hampir seluruh lagu di album ini sangat populer di era-nya, bahkan hingga saat ini.

Dirilis pada tahun 1991, Kurt Cobain dan kawan-kawan melibas album DANGEROUS milik Michael Jackson pada Januari 1992. Lagu-lagu andalan di album ini adalah Smells Like Teen Spirit, Come as You Are, Lithium dan In Bloom. NEVERMIND konon terjual hingga 30 juta keping di seluruh dunia. 


2. Dookie - Green Day

http://klimg.com/kapanlagi.com/p/bestalb902.jpg

1 Februari 1994, trio punk asal California yang menamakan dirinya Green Day merilis sebuah album besar berjudul Dookie. Album ketiga Green Day ini tercatat di peringkat 193 daftar The 500 Greatest Albums of All Time.

Komposisi lagu di album ini memang sangat menggiurkan, salah satunya adalah Basket Case yang sangat identik dengan era 90-an. Belum lagi nomor maut seperti Longview, When I Come Around atau Welcome to Paradise. Jangan lupa, album DOOKIE juga meraih penghargaan Grammy Award for Best Alternative Music Album tahun 1995.


3. Foo Fighers - Foo Fighters

http://klimg.com/resized/476x/p/tumblr_m7an1hFTOK1qzju77o1_500.jpg

Dave Grohl memikul beban berat pasca kematian rekannya di Nirvana, Kurt Cobain. Usai kesuksesan besar Nirvana dan kematian Cobain, Grohl adalah satu-satunya harapan fans Nirvana untuk mendapatkan musik yang tak kalah berkualitas. Grohl menyikapi tantangan itu dengan brilian. Ia membentuk Foo Fighters dan merilis album dengan nama yang sama, FOO FIGHTERS.

Jangan harap mendengarkan musik yang mirip dengan Nirvana di album ini. Grohl punya gaya sendiri yang ingin ia tampilkan. Hasilnya simak hits populer era 90-an macam I'll Stick Around, Big Me dan lain-lain.


4. Blue Album - Weezer

http://klimg.com/resized/476x/p/Weezer+Blue+Album+Weezer__Blue_Album.jpg

Masih di sudut negeri Paman Sam, kali ini tepat pada tanggal 10 Mei 1994. Weezer merilis debut album berjudul BLUE ALBUM. Album ini sangat fenomenal dan memiliki pengaruh besar pada band-band muda di Amerika Serikat bahkan mungkin dunia.

Maka tak heran bila lagu-lagu di BLUE ALBUM sering dinyanyikan ulang oleh band-band di dunia dari berbagai genre dan generasi. Lagu andalan dan bakal membuatmu terbang ke era 90-an adalah Buddy Holly, Say It Ain't So, In The Garage dan lain lain. Selamat mendengarkan dan selamat naik mesin waktu :)


5. OK Computer - Radiohead

http://klimg.com/resized/476x/p/tumblr_mdrruyCUjv1rqpdfjo1_500.jpg

Bila ditanya lagu Radiohead mana yang paling terkenal? Creep boleh jadi jawabannya. Namun bila yang ditanya adalah album Radiohead paling fenomenal, rasanya OK COMPUTER layak dikedepankan. Ada sejumlah 'creep-creep' lain di album keluaran 21 Mei 1997 ini yang sangat layak untuk disimak.

Sama seperti BLUE ALBUM milik Weezer, OK Computer juga memiliki pengaruh besar pada musik Inggris. Tak heran bila Radiohead bisa meraih penghargaan Best Alternative Musik Album dari Grammy Award pada 1998. Di tahun yang sama, Thom Yorke dan kawan-kawan juga meraih gelar Album of the Year versi Majalah Musik NME.


6. (What's the Story) Morning Glory? - Oasis

http://klimg.com/resized/476x/p/8bf3eb6709a0a3c696ea32110l.jpg

(WHAT'S THE STORY) MORNING GLORY? adalah puncak kejayaan Oasis. Liam, Noel dan kawan-kawan sukses menciptakan lagu-lagu legendaris seperti Wonderwall, Don't Look Back in Anger serta Champagne Supernova. Sukses ini makin lengpkap setelah Liam Gallagher dan kawan-kawan merebut titel Brit Awards untuk kategori Best British Album tahun 1996. Bahkan pada 2010 album ini meraih gelar Best British Album sepanjang 30 tahun terakhir pada 2010 setelah terjual lebih dari 22 juta keping di seluruh dunia.


7. 13 - Blur

http://klimg.com/resized/476x/p/blur-13.jpg

Blur dan Oasis adalah rival di Inggris sebelum dua pentolannya, Noel Gallagher dan Damon Albarn berdamai awal tahun ini. Blur memiliki sejumlah album besar pada era 90-an. Namun sepertinya album 13 adalah yang paling fenomenal.

Dirilis pada 15 Maret 1999, Blur memperkenalkan hits besar macam Tender, Coffe & TV, No Distance Left to Run lewat album ini. Album ini adalah salah satu puncak kejayaan Blur. Berkat album ini pula Damon Albarn dan kawan-kawan meraih gelar Best Album versi NME pada tahun 2000.


8. Tragic Kingdom - No Doubt

http://klimg.com/kapanlagi.com/p/bestalb908.jpg

Terjual hingga 16 juta keping di seluruh dunia adalah bukti dahsyatnya album TRAGIC KINGDOM milik No Doubt. Album ini menempati peringkat 441 pada 500 Greatest Albums of All Time versi Majalah Rolling Stones.

Remaja era 90-an pasti tak akan pernah lupa dengan single-single dari album ini, sebut saja Don't Speak, Spiderwebs, Sunday Morning, Just a Girl dan lain-lain. Musik alternative rock dengan balutan ska punk sangat memanjakan remaja di era itu.


9. Vs. - Pearl Jam

http://klimg.com/resized/476x/p/Pearl_Jam_-_Vs_-_front.jpg

Dunia tercengang dengan yang ditampilkan Nirvana pada awal 90-an, namun sebenarnya bukan hanya Nirvana band asal Seattle saat itu yang memberikan gebrakan besar. Pearl Jam juga memiliki peran sangat besar mengharumkan Seattle Sound.

Album Pearl Jam paling fenomenal di era 90-an adalah VS., yang dirilis pada 1993. Dunia mengakuinya, terbukti dengan single Daughter menjadi nominasi untuk Best Rock Performance by a Duo or Group with Vocal, sedangkan lagu Go dinominasikan untuk Best Hard Rock Performance. Album VS. sendiri dinominasikan untuk Best Rock album.

Single-single jagoan di album ini seperti Go, Daughter, Animal sangat akrab di telinga penggemar musik dunia, termasuk Indonesia. Tak heran bila lagu mereka sering dimainkan pada festival musik sekolah maupun kampus.


10. Jagged Little Pill - Alanis Morissette

http://klimg.com/resized/476x/p/tumblr_m8otp50PGh1rakgk4o1_1280.jpg

Tak melulu band atau pria yang mendominasi jajaran ini. Nama Alanis Morissette jelas tak bisa dipisahkan dari genre Alternative rock tahun 90-an. Lewat album JAGGED LITTLE PILL, Alanis benar-benar menunjukkan gilr power-nya. Album ini sukses berat baik secara musik maupun bisnis.

Dalam tiga tahun secara beruntun, album rilisan 1995 ini merain 9 nominasi di Grammy Awards, Alanis memenangkan lima di antaranya. Album ini juga mencapai penjualan terbaik pada era 90-an menurut Billboard.

Single-single andalan di album ini cukup banyak! Sebut saja judul-judul seperti You Oughta Know, Hand in My Pocket, Ironic, You Learn, Head over Feet atau All I Really Want. Label 'bintang lima' pun banyak disematkan oleh para kritikus musik dunia untuk album JAGGED LITTLE PILL.

Sumber : Tentang Musik

No comments:

Post a Comment