Saturday, December 22, 2012

Jay Z: Kurt Cobain Bisa Hentikan Hip Hop

Selamat datang, selamat membaca. Semoga bermanfaat. :)

http://klimg.com/kapanlagi.com/p/headline/476x238/jay-z-kurt-cobain-bisa-hentikan-hip-hop-1d5ab2.jpg

Grunge begitu mendominasi di awal erah 90-an. Genre yang dipopulerkan Nirvana itu tidak hanya melumpuhkan musik hair metal, namun juga mengancam perkembangan hip-hop. Penilaian itu diucapkan sendiri oleh salah satu pentolan hip-hip, Jay Z.

Melalui buku PHARELL THE PLACES AND SPACE, penyanyi sekaligus produser Pharell Williams mewawancarai Jay Z. Ia menanyakan tentang seberapa besar peran album NEVERMIND milik Nirvana terhadap perkembangan musik dunia.

"Pertama kita harus kembali ke era sebelum grunge dan mengapa grunge bisa meledak. Band metal mendominasi di mana-mana dan rock menjadi lebih tentang penampilan daripada substansi yang sebenarnya dan apa yang diperjuangkan. Ini adalah spirit pemberontakan anak muda," jelas Jaz Z.

"Itulah mengapa Teen Spirit terdengar begitu keras, karena itu berada di titik yang tepat saat semua orang merasakan hal yang sama. Kamu tahu maksudku?" tambahnya.

Popularitas Grunge dan Nirvana yang begitu besar kala itu diakui Jay juga bakal mempengaruhi perkembangan musik hip-hop. Ia yakin hip-hop tak akan berkembang bila Grunge masih berjaya.

"Ini sangat mengherankan kerena hip hop kini menjadi gaya, kemudian grunge berhenti untuk beberapa saat. ketika Kurt Cobain datang, rasanya seperti, 'Kita harus menunggu sebentar'," tutur suami Beyonce ini.

"Cobain adalah salah satu tokoh. Aku tahu kami harus menunggu beberapa saat sebelum mendominasi musik," tambahnya lagi.

Sumber : Tentang Musik

No comments:

Post a Comment