Sunday, December 23, 2012

Musisi Ini Mempengaruhi Dunia Musik

Selamat datang, selamat membaca. Semoga bermanfaat. :)

http://www.billboard.com/photos/stylus/103670-pink_floyd_617_409.jpg

Para musisi ini memiliki karya besar yang berpengaruh pada perkembangan musik ke depannya. Mereka meletakkan pondasi awal pada sebuah kebangkitan akan generasi baru pada sebuah musik.

Meski pada awalnya mereka mendapat tentangan akibat karyanya yang diduga merusak, bahkan acap kali dianggap negatif. Seiring waktu karya mereka menjadi legendaris dan mulai disukai oleh banyak orang.

Berikut para 'arsitek-arsitek' yang menancapkan pondasi dan menjadi pengaruh kepada musik saat ini.



1. Elvis Presley

http://klimg.com/kapanlagi.com/p/pgh-2301.jpg

Elvis Aaron Presley atau dikenal sebagai Elvis Presley atau The King ini adalah raja dari musik rock and roll. Musik yang ia usung menjadi tonggak lahirnya musik-musik keras untuk ke depannya. Terlebih gayanya yang ikonik dan tariannya yang khas menjadikkan ia idola pada masa itu.

Meski dia sudah meninggal pada tahun 1977, namun musik Elvis memiliki pengaruh yang kuat pada industri musik. Bahkan hingga saat ini musik rockabilly tetap dimainkan dengan berbagai gaya yang berbeda.


2. The Beatles

http://klimg.com/kapanlagi.com/p/pgh-2302.jpg

Empat pemuda asal Liverpool, Inggirs yaitu John Lennon, Paul McCartney, George Harrison dan Ringo Starr menjadi pendobrak akan gaya musik di tahun 60an. Gaya mereka yang memberontak pada tatanan musik menjadikan lifestyle tersendiri. Hal ini membuat The Beatles digila-gilai oleh anak muda.

Sepanjang karirnya The Beatles telah merilis banyak karya baik dari single, EP dan album yang kesemuanya menjadi nomor satu di tangga lagu. Musik mereka juga memiliki pengaruh yang sangat besar pada musik saat ini. Tak sedikit band yang terpengaruh dengan musikalitas The Beatles yang saat ini masih relevan untuk didengarkan.


3. The Rolling Stones

http://klimg.com/kapanlagi.com/p/pgh-2303.jpg

Belum selesai dunia dibuat 'gila' dengan The Beatles, muncul sebuah musik rock yang lebih berisik dengan gaya yang urakan. The Rolling Stones muncul dengan dandanan yang liar dan musik yang kasar dan sound mentah.

Liriknya yang sarkastis dan to the point membuat orang tercengang. Tentu saja hal ini langsung menarik minat anak muda. Tak membutuhkan waktu yang lama The Rolling Stones menjadi band yang paling dipuja.

Meski terbilang band legendaris, namun The Rolling Stones enggan untuk berhenti berkarya. Hingga kini musik serta penampilan The Rolling Stones menjadi barometer para musisi rock di seluruh dunia.


4. Pink Floyd

http://klimg.com/kapanlagi.com/p/pgh-2304.jpg

Industri musik dunia pada tahun 60-70an sempat terjangkiti wabah musik psychedelic dan progresif. Pink Floyd adalah grup band asal Inggris yang melopori aliran musik tersebut. Mereka memiliki sebuah karya yang dibilang sebuah mahakarya.

Tak hanya berkreasi dalam musik saja, Pink Floyd juga berkreasi saat tampil. Setting panggungnya sangat megah dengan lightning dan yang begitu menakjubkan. Pink Floyd adalah band yang sukses menggabungkan antara musik dan sajian yang menghibur.


5. Black Sabbath

http://klimg.com/kapanlagi.com/p/pgh-2305.jpg

Apa jadinya jika band Black Sabbath tidak pernah ada? Bisa jadi kita tidak akan mengenal genre musik metal. Band asal Birmingham ini memilih untuk memainkan musik rock dengan riff-riff yang gelap dibandingkan band lainnya.

Black Sabbath menjadi band yang bertanggung jawab dari lahirnya hibrida sebuah genre metal. Dan kini musik metal terus berkembang melahirkan evolusi baru.


6. Led Zeppelin

http://klimg.com/kapanlagi.com/p/pgh-2306.jpg

Led Zeppelin adalah band yang berpatokan pada musik blues, namun dikembangkan dengan berbagai unsur musik lain seperti soul, funk, jazz dan lainnya. Dengan campurannya, Led Zeppelin memiliki sebuah karya yang orisinil dan menakjubkan.

Karya-karya Led Zeppelin juga memiliki andil besar bagi perkembangan musik heavy metal. Banyak musisi dunia yang terinspirasi dengan sound yang mereka hasilkan, unik, namun menyalak-nyalak secara dinamis.


7. Kiss

http://klimg.com/kapanlagi.com/p/pgh-2307.jpg

Make up menjadi ciri khas tersendiri bagi band asal Amerika. Hal ini menjadi pembeda Kiss dengan band lainnya, pasalnya di tahun 70an belum ada band yang tampil seperti itu.

Tak hanya make saja, Kiss juga tampil unik dengan aksi panggung seperti menyemburkan api, memutahkan darah dan gitar yang bisa mengeluarkan kembang api.


8. Sex Pistols

http://klimg.com/kapanlagi.com/p/pgh-2308.jpg

Kemuakan para pemuda asal London, Inggris akan musik rock and roll saat menjadikan mereka membuat sebuah band yang lebih keras. Mereka berontak dan memainkan rock beberapa kali lebih cepat dan kini dikenal secara luas sebagai musik punk.

Sex Pistols yang beranggapan bahwa musik rock telah dikuasai oleh kalangan borjuis membuat mereka mendirikan sebuah budaya tandingan. Tak hanya musik, namun juga cara berpakaian yang cenderung nyeleneh dan keluar dari tatanan masyarakat. Musik dan cara berpakaian yang liar ini menjadi sebuah lifestyle baru dan terus berevolusi hingga kini.


9. Napalm Death

http://klimg.com/kapanlagi.com/p/pgh-2309.jpg

Kecintaan para pemuda Inggris di pertengahn tahun 80-an ini akan musik hardcore/punk, membuat mereka pun mencoba untuk memainkannya. Akan tetapi ada satu hal yang membuat mereka ingin tampil beda dari banyaknya band-band hardcore punk yang terus bermunculan saat itu. Mereka pun bermain dengan dasar hardcore/punk namun dnegan ketukan drum yang lebih cepat.

Sound yang berbeda ala Napalm Death langsung dilirik oleh sesama pecinta musik hardcore/punk. Hingga tercetus istilah grindcore dari drummer Napalm Death, Mick Harris untuk menggambarkan musik yang mereka mainkan. Hal ini tercetus dari ketukan drum dan gitar yang dimainkan lebih cepat dan menggerinda. Seiring waktu perkembangan musik grindcore sangat pesat dan muncul evolusi yang lebih luas.


10. Nirvana

http://klimg.com/kapanlagi.com/p/pgh-2310.jpg

Jika kita mendengar genre musik grunge kita pasti teringat akan Kurt Cobain dengan bandnya Nirvana. Band ini yang menaikkan derajat musik grunge hingga terdengar di seluruh dunia. Bahkan Nirvana berhasil menyandingkan genre grunge dengan genre lain.

Tak hanya musik, penampilan yang diadopsi dari gaya punk yang lusuh dan compang-camping serta style ala tukang kayu yaitu flannel pun menjadi booming berkat Nirvana. Perkembangan musik grunge sempat mati suri, namun kini perlahan-lahan kembali lagi dengan banyaknya band baik baru maupun lama yang menghidupkan euforia tahun 90-an. 

Sumber : Tentang Musik

1 comment: