Monday, December 24, 2012

Sejarah dan Fakta Unik Piano

Selamat datang, selamat membaca. Semoga bermanfaat. :)

http://www.jbpiano.com/uploads/images/Possible%20main%20page%20pictures/piano.jpg

Piano adalah salah satu alat musik yang paling banyak digemari. Suaranya yang khas serta bentuknya yang anggun namun elegan menjadi alasan tersendiri bagi penggemarnya.

Sejumlah musisi papan atas mencanegara atau dalam negeri sering mengandalkan piano sebagai alat musik utama mereka. Sebut saja Elton John, Matt Bellamy, Thom Yorke, Lady Gaga bahkan band legendaris The Beatles untuk mancanegara, dan Ahmad Dhani, Kevin Aprilio, Sherina di dalam negeri.

Begitu penting memang peran piano terhadap perkembangan musik dunia. Inilah Fakta unik piano.

1. Diciptakan Tahun 1720

 http://klimg.com/kapanlagi.com/p/piano-1.jpg

Piano pertama kali diciptakan oleh Bartolomeo Cristofori tahun 1720 silam. Saat itu suara piano tidak sekeras piano yang dibuat pada abad 20. Piano pertama di dunia itu masih tersimpan rapi hingga saat ini di Metropolitan Museum of Art di New York.


2. Piano Et Forte

http://klimg.com/kapanlagi.com/p/piano-2.jpg

Sebelum dikenal dengan nama piano, Cristofori memberi nama alat musik ciptaannya Piano Et Forte. Dalam Bahasa Indonesia Piano Et Forte berarti lembut dan nyaring. Seiring dengan perkembangannya, 'et forte' semakin jarang diucapkan sehingga hanya meninggalkan nama 'piano'.


3. Revolusi Bentuk

http://klimg.com/kapanlagi.com/p/piano-3.jpg

Piano mengalami perubahan bentuk setelah John Isaac Hawkins memodifikasinya menjadi sejajar dengan lantai sekitar tahun 1750. Karya ini terus dimodifikasi hingga seorang pembuat piano asal Jerman menciptakan piano dengan bentuk persegi. Piano inilah yang kemudian populer dan banyak diletakan di dalam rumah.


4. Piano Elektrik

http://klimg.com/kapanlagi.com/p/piano-4.jpg

Tahun 1930 perkembangan piano makin menjadi-jadi. Sebuah piano elektrik diciptakan berdasar teknologi elektroakustik. Suara yang dihasilkan pun bisa lebih keras karena bisa disambungkan melalui loudspeaker. Sedangkan dari sisi kualitas suara, piano elektik sama sekali tak berkurang bila dibanding piano biasa.


5. Komposisi Terpanjang Piano

http://klimg.com/kapanlagi.com/p/piano-5.jpg

Komposisi piano terpanjang dalam sejarah adalah karya Erik Satie yang berjudul Vexations. Terdapat 180 not dalam komposisi ini dan sesuai dengan urutan yang dibuat penciptanya, lagu ini harus diulang sampai 840 kali. Vexations pertama kali dipentaskan pada bulan September 1963 di Pocket Theater, New York City dan memerlukan sepuluh pianis untuk menuntaskan lagu ini secara berantai.


6. Piano Termahal

http://klimg.com/kapanlagi.com/p/piano-6.jpg

Seiring dengan perkembangan musik, piano pun makin populer. semakin banyak musisi yang menuangkan karyanya melalui piano. Salah satunya adalah vokalis The Beatles, John Lennon.

Sebuah piano milik Lennon yang disimpan di Museum Liverpool tercatat sebagai piano termahal di dunia. Piano seharga 21 miliar rupiah ini dianggap bersejarah karena merupakan media Lennon untuk menciptakan lagu legendaris, Imagine.


7. Atraksi Lady Gaga

http://klimg.com/kapanlagi.com/p/piano-7.jpg

Lady Gaga merupakan salah satu musisi yang sangat ahli dalam memainkan piano. Berhubung memiliki gaya yang unik, Lady Gaga pun mendesain khusus piano yang ia gunakan. Lady Gaga kerap kali menampilkan desain piano yang unik dan berbeda dalam tiap kesempatan.


8. Mayoritas Pianis Adalah wanita

http://klimg.com/kapanlagi.com/p/piano-8.jpg

Sebuah fakta menarik ditemukan di Amerika Serikat. Dari 18 juta pianis yang ada di negeri Paman Sam tersebut, 79 persen di antaranya adalah wanita. Usia rata-rata mereka adalah 28 tahun.

Sumber : Tentang Musik

No comments:

Post a Comment