Monday, December 24, 2012

The Dynamite Rockers (Wild Rockabilly Surabaya)

Selamat datang, selamat membaca. Semoga bermanfaat. :)

Okeh, kali ini saya akan membahas salah satu band dari kota pahlawan yang semua  personilnya adalah gabungan dari beberapa band besar di surabaya. Seperti apa biografi dan profil mereka? Selamat membaca.

Herman (Drum), Bibin (Lead Guitar), Chuphell (Keyboard), Komenk (Vocal, Harmonica), Sony (ContraBass)

The Dynamite Rockers terbentuk pada pertengahan tahun 2009 di kota surabaya, jawa timur. Beranggotakan Herman (Drum), Bibin (Lead Guitar), Chuphell (Keyboard), Komenk (Vocal, Harmonica), dan Sony (ContraBass) merupakan pentolan dari band-band indie surabaya yang sudah melalang buana di industri musik kota surabaya yang menjadi satu di project band berbahaya ini. Pertama, Herman (Drum) merupakan frontman dari salah satu band ska surabaya yang sudah tidak asing lagi, Heavy Monster. Di bagian gitar ada Bibin (Lead Guitar), personil ini juga merupakan lead guitar untuk band berlairan 'Oi' surabaya yang sudah sangat dikenal banyak orang, ya Plester X. Lalu ada komenk (Vocal, Harmonica) mantan frontman band psychobilly yang terkenal pada era 2000an, Anarchy Juice. Lalu ada Chuphell (Keyboard) yang bermain untuk band ska punk yang cukup dikenal banyak musisi surabaya, Bimskalabim lalu band Speed metal (The Odyssey) dan band Ska-reggae (Dance Hall Crashers), dan yang terakhir ada Sony (ContraBass) mantan pembetot bass untuk band Rockabilly asal surabaya juga, The Outrageous.

Awal Terbentuk

Awal terbentuk band ini adalah dari niat bibin (lead guitar) dan komenk (vocal) untuk kembali menghidupkan musik rockabilly yang jarang dimainkan di kota surabaya pada saat itu. Inflasi musik seperti metal, punk, melodic dan rock saat itu memang lebih mendominasi sehingga adanya TDR ingin membuat suasana musik dikota surabaya semakin bervariasi. Sebenarnya Bibin dan komenk sendiri sebelumnya sudah pernah dalam satu band yang bernama Anarchy Juice dan untuk genre tidak jauh beda. Lalu, mereka berdua mempunyai inisiatif akan kembali menghidupkan band itu (Anarchy Juice), tetapi karena soul dan perselisihan antar personil akhirnya bibin dan komenk memutuskan membuat band baru dan tidak melajutkan bersama Anarchy Juice. 

Dengan konsep dan materi Rockabilly yang segar dan liar, bibin dan komenk mengajak herman (drum) untuk ikut bergabung ke dalam TDR.  Setelah membahas tentang konsep dan materi yang akan diberikan, akhirnya komenk mengajak sony (ContraBass) yang merupakan teman kenal saat bermain bersama saat era Anarchy juice. Setelah personil komplit, beberapa kali latihan ternyata ada unsur yang kurang untuk sebuah band Rockabilly yang liar, yaitu pemain piano atau keyboard. 

Ini terbukti saat TDR untuk pertama kalinya bermain di salah satu Pub and cafe daerah jogja dalam salah satu acara tato yang diselenggarakan oleh Java Tatto Club yang merupakan salah satu klub tatto terbesar di Indonesia. Kurang unsur liar dan nakal inilah mereka ber empat memutuskan untuk mencari personil yang mampu bermain piano dengan karakter band yang liar.

Kemudian dari situs jejaring sosial facebook, Herman (drum) mengajak Chuphell untuk ikut bergabung dan beberapa hari kemudian mereka berlatih bersama di studio. Chuphell dan ke empat personil yang lainnya sendiri sebenarnya sebelumnya belum pernah ketemu. Lalu kemudian mereka berlima latihan bersama, karena kelima pemain ini sudah paham konsep dan materi yang akan dimainkan, tidak butuh waktu lama untuk menemukan soul musik yang diminta.
Sebenarnya band ini terbentuk karena ada dua faktor yang penting, pertama adalah niat untuk membangun musik rockabilly di surabaya yang tidak pernah terdengar dan yang kedua karena komenk sendiri dikontak teman nya sendiri untuk mengisi salah satu acara di pusat kota. Karena waktu itu komenk tidak mempunyai band pada akhirnya terbentuklah band ini. 

Penampilan selanjutnya di acara pusat kota dengan personil yang sudah lengkap, antusias penonton untuk band baru seperti TDR sangat luar biasa. Beberapa kali penonton meneriakkan untuk menambah lagu, karena materi lagu saat itu sedikit akhirnya TDR tidak menambahkan. Tapi ini langkah awal yang baik untuk band baru.
Rockabilly yang TDR mainkan sendiri terinspirasi dari musis besar seperti Elvis presley, Stray Cats, Rolling Stones dll. Mereka berlima mencover musik yang sudah ada dengan caranya sendiri sehingga terlihat dan terdengar lebih liar dan nakal.

Dari beberapa event yang di ikuti, TDR ada tempat tersendiri untuk musisi indie kota surabaya. Karena memang faktor yang pertama adalah nama-nama personel yang sudah tidak asing dikalangan musisi indie surabaya, kemudian yang kedua adalah antusiasme dengan band ini adalah dari genre yang baru terdengar setelah band ini terbentuk di kota surabaya.



Di setiap penampilannya, TDR tidak hanya menampilkan musik rock & roll dengan beat yang cepat maupun blues yang pelan. Tetapi disela-sela penampilan terkadang personil melakukan aktrasi yang membuat penonton tepuk tangan karena atraksi yang tidak biasa. Ini yang membuat TDR semakin dikenal musisi surabaya karena ciri khas disetiap penampilannya yang terkesan berani, liar dan urakan seperti jiwa-jiwa pemusik rock & roll. 


 

Album

Untuk album, TDR belum ada satupun tetapi sudah mempunyai materi yang sangat siap untuk direkam di studio rekaman, tetapi karena kendala jadwal masing-masing personil yang sibuk dengan jadwal manggung band nya masing-masing membuat album ini sampai saat ini belum siap untuk luncurkan.

Materi lagu yang telah siap sebagian adalah recover dari lagu Anarchy Juice yang di konsep baru yang lebih liar dengan sentuhan piano ala Jerry Lee Lewis yang nakal. 

Di tahun 2013 sekitar bulan maret mendatang, album perdana ini rencananya akan diluncurkan dan sebagai bocoran setidaknya ada 7-9 lagu yang akan dikemas dalam satu album yang berjudul "Rockabilly Wild". Beberapa bonus track recover versi TDR dari beberapa lagu rock & roll terkenal dunia rencananya juga akan tersaji di album ini. So, wait for the game....


Biografi

Herman - Drum 
Bibin - Lead Guitar, Backing Vocal
Chuphell - Keyboard
Sony - ContraBass, Backing Vocal
Komenk - Vocal, Harmonica. 

Follow twitter : @DynamiteRockers
Facebook : The Dynamite Rockers
Email : DynamiteRockers@yahoo.co.id
Contact Person : +6285645078474 (hendra)

No comments:

Post a Comment