Thursday, December 20, 2012

WOW, 21 Juta Remaja Indonesia Sudah Berhubungan Seks

Selamat datang, selamat membaca. Semoga bermanfaat. :)


Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyatakan persoalan seks bebas di kalangan remaja sudah dalam tahap mengkhawatirkan. Penelitian Survei Kesehatan Reproduksi Remaja Indonesia (SKRRI) menemukan perilaku seks bebas bukanlah sesuatu yang aneh dalam kehidupan remaja Indonesia.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pernah merilis perilaku seks bebas remaja dari penelitian di empat kota, yakni Jakarta Pusat, Medan, Bandung, dan Surabaya. Hasil yang didapat sebanyak 35,9 persen remaja punya teman yang sudah pernah melakukan hubungan seksual sebelum menikah.

“Ini harus segera ditangani  karena jumlah remaja mencapai 26,7 persen dari total penduduk,” kata Plt Kepala BKKBN Subagyo di Jakarta beberapa waktu lalu.

Sebagai gambaran, total remaja di Indonesia mancapai sekitar 62 juta.  Sebanyak 36 persen di antaranya, yakni sekitar 21 juta remaja, telah berhubungan seks.

Karenannya, BKKBN  terus meningkatkan berbagai program. Program GenRe (Generasi Berencana) adalah salah satunya yang ditawarkan sebagai upaya edukasi.

Deputi Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK) BKKBN, Sudibyo Alimoeso, menambahkan, BKKBN ingin menjadikan GenRe sebagai sebuah gaya hidup kalangan remaja. Sehingga dapat merencanakan keluarga yang berkualitas, bukan sebagai kewajiban untuk menekan angka kelahiran. “Pendekatannya adalah untuk kesehatan reproduksi dan perencanaan keluarga bagi remaja, bukan pengendalian penduduk,”katanya.

Sumber : Unikaneh

No comments:

Post a Comment