Saturday, December 22, 2012

Ugh! Panjangnya Durasi Lagu Ini

Selamat datang, selamat membaca. Semoga bermanfaat. :)

http://klimg.com/kapanlagi.com/p/headline/476x238/ugh-panjangnya-durasi-lagu-ini-d0cd51.jpg

Bermusik memang tak mengenal batasan. Semua orang bisa bebas berkreasi dan membuat karya yang mereka inginkan tanpa ada intervensi dari pihak manapun.

Seperti halnya musisi berikut ini, yang menolak dibatasi dalam berkarya. Mereka membuat lagu berdurasi di atas norma hingga 10 menit lebih. Meski lagu tersebut cukup panjang, namun tak membosankan ketika didengarkan. Bahkan saat habis kita seakan ingin mendengarkannya lagi.

Berikut musisi yang menciptakan sebuah masterpiece dengan durasi yang sangat panjang.


1. Pink Floyd - Shine On You Crazy Diamond

http://klimg.com/kapanlagi.com/p/suwe-181201.jpg

Sebuah lagu tribute yang ditujukan untuk pendiri dan juga anggota Pink Floyd, Syd Barret. Saat penggarapan lagu ini rencananya, Pink Floyd akan membuat lagu ini menjadi satu part. Namun karena durasinya yang 10 menit lamanya, akhirnya lagu tersebut dibagi menjadi 2 part.

Lagu yang kental dengan petikan blues berpadu dengan sedikit eksperimental menjadikan karya yang epic dan megah. Sayangnya saat penggarapan lagu ini, Syd tidak mengambil bagian akibat kejadian lucu lainnya. Saat rekaman di Abbey Road, Syd berdandan aneh dengan mencukur kepala dan alisnya sehingga personel lainnya tidak mengenalinya.


2. Deep Purple - Child In Time

http://klimg.com/kapanlagi.com/p/suwe-181202.jpg

Sebuah lagu yang dahsyat dengan komposisi yang bagus dan penempatan emosi yang pas. Child In Time merupakan nomor lagu terpanjang dengan durasi 10 menit. Namun lagu tersebut tak terasa bisan jika didengarkan berulang-ulang. Anda merasa didongengi oleh sang penyanyi dengan iringan soundtrack yang mengagumkan.


3. Samshing Pumpkins - Starla

http://klimg.com/kapanlagi.com/p/suwe-181203.jpg
 
Dari deretan lagu yang pernah dibuat oleh Smashing Pumpkins, lagu Starla inilah yang paling panjang durasinya. Tercatat 11.04 menit dengan aransemen yang menghanyutkan dari awal hingga akhir. Fakta unik, judul lagu ini terinspirasi dari nama salah satu fans Smashing Pumpkins. Sebenarnya nama fans tersebut adalah Darla, dan Billy Corgan pun menggantinya agar pas. Di 5 menit awal akan terdengar part solo gitar yang mengalun pelan dan berakhir dengan pas.

4. Explosions In The Sky - The Only Moment We Were Alone

http://klimg.com/kapanlagi.com/p/suwe-181204.jpg
Ada sebuah ketenangan ketika mendengarkan single dari Explosions In The Sky. Pengaturan tempo yang pelan-pelan menggiring kita untuk merasakan sebuah kenyamanan. Terbuai dengan lantunan anda yang ritmis dan sedikit menyalak-nyalak seraya menaik turunkan emosi kita. Meski durasinya 10.14  menit, namun lagu ini tak membosankan dan membuat kita klimaks.

5. Scorpions - Lonesome Crow

http://klimg.com/kapanlagi.com/p/suwe-181205.jpg

Dari kumpulan karya dari Scorpions , ternyata mereka memiliki sebuah nomor klasik dengan durasi yang cukup panjang yaitu 13.31 menit. Single berjudul Lonesome Crow ini sangat epic dan megah tanpa mengurangi kadar kecadasan. Sepertinya lagu ini sengaja dibuat untuk mencari referensi lain dan seni artistik lainnya.Banyak part-part solo gitar yang diumbar di sini, terlebih di part bassnya yang bermain secara ritmis namun menjaga rhythm.

Sumber : Tentang Musik

No comments:

Post a Comment