Sunday, January 6, 2013

10 Musisi Yang Meninggal Dunia di Tahun 2012

Selamat datang, selamat membaca. Semoga bermanfaat. :)

http://klimg.com/kapanlagi.com/p/death2012-4.jpg

Selain diwarnai dengan debut beberapa musisi maupun band pendatang baru, 2012 juga merupakan tahun terakhir bagi beberapa nama berikut ini. Sejumlah musisi menghembuskan nafas terakhir di tahun 2012. Beberapa di antaranya merupakan musisi besar yang berpengaruh di industri musik dunia.

Dalam ulasan kali ini kami telah mengumpulkan 8 nama musisi yang meninggal di sepanjang tahun 2012. Siapa saja mereka? Simak di halaman-halaman berikut ini.

1. Mitch Lucker

http://klimg.com/kapanlagi.com/p/death2012-1.jpg

Awal bulan November panggung musik rock berduka setelah vokalis Suicide Silence, Mitch Luker meninggal dunia. Luker meninggal dunia akibat kecelakaan sepeda motor. Menurut istri Luker, Jolie Carmadelia, Luker meninggal dalam kondisi mabuk alkohol.

"Dia seorang alkoholik dan sedang memerangi kecanduannya. Saya sempat mencegahnya dan memohon agar dia tidak keluar rumah. Namun dia tetap keluar dan akhrnya terjadi," ujarnya.

Mitch dikabarkan tengah mengendarai motor Harley Davdison di kawasan Hitington Beach dan menabrak tiang lampu. Setelah tabrakan tersebut motor tersebut pun menabrak mobil pick up yang sedang melaju.

2. Tony Sly

http://klimg.com/kapanlagi.com/p/death2012-2.jpg

Kabar duka berhembus pada awal Agustus setelah Tony Sly, frontman No Use For Name meninggal dunia. Tony meninggal pada usia ke-41. Kuat dugaan kematian Tony disebabkan penyakit di tulang belakang lehernya.

"Dengan rasa sedih yang sangat besar, kita harus mengucapkan selamat tinggal pada Tony Sly No Use For A Name," tulis pengumuman yang disampaikan label No Use For Name, Fat Wreck Chords.

3. Whitney Houston

http://klimg.com/kapanlagi.com/p/death2012-3.jpg

Kabar mengejutkan berhembus pada bulan Februari lalu. Salah satu diva terbaik dunia, Whitney Houston meninggal dunia. Whitney meninggal di usianya yang ke-48 di bak mandi Hotel Beverly Hilton.

Menurut kabar yang beredar, Whitney meninggal dikarenakan obat-obatan dan alkohol yang dikonsumsinya. Whitney meninggal di dalam bak mandi hotel pada Sabtu (11/2) 15.55 sore.

Jenazahnya akan diterbangkan dari Los Angeles ke New Jersey pada Senin (13/2) malam waktu setempat. Whitney dinyatakan meninggal setelah paramedis melakukan pertolongan pertama selama 20 menit.

4. Jon Lord

http://klimg.com/kapanlagi.com/p/death2012-4.jpg

John Lord merupakan salah satu tokoh paling penting di balik berdirinya band legendaris, Deep Purple. Pria ini meninggal dunia pada usia ke-71 pada hari Senin, 16 Juli 2012. Menurut kabar yang beredar, ia meninggal akibat serangan kanker pankreas yang dideritanya.

Kematian Lord mengundang bela sungkawa dari berbagai pihak. Bahkan Geezer Butler dari Black Sabbath menganggap Lord sebagai salah satu musisi terbaik di generasinya.

"One of my great muscians of my generation," ujar Geezer Butler mengenang Lord.

5. Adam Yauch

http://klimg.com/kapanlagi.com/p/death2012-5.jpg

Bulan Mei 2012, penggemar Beastie Boys harus merelakan salah satu personel grup idolanya pergi tak kembali. Adam 'MCA' Yauch meninggal dunia di usia yang ke-47 tahun. Adam meninggal setelah tak mampu menahan serangan kanker yang dideritanya.

Meninggalnya Adam turut membuat sejumlah musisi papan atas berduka. Madonna, Snoop Dogg, will.i.am, Sonic Youth dan Thom York juga sempat menyampaikan belasungkawa atas meniggalnya Adam.

6. Andy Williams

http://klimg.com/kapanlagi.com/p/death2012-6.jpg

Musisi besar lain yang meninggal pada tahun 2012 adalah Andy Williams. Pelantun Moon River ini menghembuskan nafas terakhirnya di rumahnya, Branson, Missouri. Pria bersuara berat ini meninggal pada bulan September setelah digerogoti kanker kandung kemih.

Andy sebenarnya sempat menyatakan keinginannya untuk kembali manggung di bulan yang sama. Sayangnya pria yang telah 75 tahun berkarir di dunia musik ini gagal mewujudkan keinginannya.

7. Ravi Shankar

http://klimg.com/kapanlagi.com/p/death2012-7.jpg

Awan hitam kembali memayungi dunia musik dengan kepergian sang maestro sitar, Ravi Shankar. Musisi asal India ini meninggal pada 11 Desember 2012. Pria dengan kemapuan memainkan sitar yang luar biasa ini meninggal pada usia ke 92 tahun di Rumah Sakit San Diego, California.

Ravi sebenarnya telah menjalani perawatan sejak lima hari sebelumnya di Scripps Memoria Hospital. Sebelumnya pria ini mengeluh susah bernafas. Ia jug sempat menjalani operasi saluran pernafasan serat jantungnya. Operasi itu memang sukses, namun kesehatan Ravi ternyata terus menurun.

Nama Ravi begitu populer setelah berkolaborasi dengan The Beatles. Permainan sitarnya sangat memikat. Di sepanjang karirnya, Ravi sukses merebut 3 Grammy Awards.

8. Jim Marshall

http://klimg.com/kapanlagi.com/p/death2012-8.jpg

April 2012, kabar duka kembali berhembus dari panggung musik internasional. Jim Marshall, pendiri Marshall Amplification meninggal dunia di usianya yang ke-88 tahun. Ampli buatan Jim memang sangat berkarakter serta spesifikasi untuk musik rock membuat seluruh rocker dunia menyukainya. Tak heran bila ia sangat dikenang oleh para musisi dunia.

9. Robin Gibb

http://klimg.com/kapanlagi.com/p/death2012-9.jpg

Setelah cukup lama berjuang melawan kanker, vokalis Bee Gees, Robin Gibb akhirnya harus berpulang pada usia yang ke-62 tahun. Kematian Gibb ini membuat fans Bee Gees cukup kaget, sebab sebenarnya Gibb sempat menujukkan kondisi yang membaik. Kondisi Gibb mendadak drop begitu cepat hingga nyawanya tak tertolong, 20 Mei 2012.

Kanker hati dan usus telah diderita Gibb sejak beberapa tahun lalu. Di tengah perjuangannya melawan penyakit tersebut, Gibb sempat beberapa kali berkomunikasi, bahkan ia mengaku masih ingin terus berkarya.

Selepas kematian sang vokalis. album-album Bee Gees dikabarkan makin laris diburu para penikmat musik dunia. Album Bee Gees yang paling diburu fans adalah THE ULTIMATE BEEGEES.

10. Ritchie Teeter

http://klimg.com/kapanlagi.com/p/death2012-10.jpg

Ritchie Teeter merupakan musisi yang sempat menjadi tulang punggung untuk The Dictators dan Twisted Sister. Teeter sempat menelurkan dua album bersama The Dictators dan meninggalkan band pada tahun 1979. Tahun 1991 Teeter sempat bergabung dengan reuni The Dictators. Teeter meninggal pada usia ke-61. Hingga saat ini kematian pria pembentot bass ini masih belum jelas. 

Sumber : Tentang Musik

No comments:

Post a Comment