Saturday, January 5, 2013

5 Musisi Pendobrak di Musik

Selamat datang, selamat membaca. Semoga bermanfaat. :)

http://klimg.com/kapanlagi.com/p/legend-03.jpg

Dari sekian banyaknya musisi yang ada, pasti ada sejumlah kecil yang memiliki pengaruh dan inspirasi bagi yang lainnya. Para legenda ini hidup dan memberikan kontribusinya bagi perkembangan musik hingga kini.

Karyanya seakan abadi dan menjadi patokan tersendiri tiap generasinya. Inilah orang-orang yang mengubah praduga kita tentang seperti apa musik yang seharusnya.

Mereka mendobrak dan melanggar aturan musik saat itu. Mereka mengubah pandangan tentang bermusik hingga saat ini. Berikut 5 musisi yang dianggap sebagai pendobrak.


1. The Beatles

http://klimg.com/kapanlagi.com/p/legend-01.jpg

Fenomenal adalah kata yang tepat untuk disandangkan pada The Beatles. Mereka mendobrak batasan pada musik pop saat itu. Banyak genre musik yang akhirnya terbawa dengan musikalitas serta gaya mereka.

The Beatles tak hanya mengusung pop yang keras, namun mereka juga mempopulerkan psychedelic walau disayangkan oleh beberapa penggemaranya. Namun di kalangan lain album ini dianggap sebagai album fenomenal. Walau saat itu banyak menuai kritik, namun The Beatles berani keluar dari garis aman.

2. Bob Dylan

http://klimg.com/kapanlagi.com/p/legend-02.jpg

Tahun 1960-an musik folk memang terkesan monoton. namun ketika Bob Dylan muncul, seketika membawa perubahan bagi perkembangan musik folk saat ini. Pemberontakan yang diusung tak hanya lirik namun juga musikalitas membuat nama Bob Dylan cukup diperhitungkan.

Bob mencoba membuat perubahan dalam karyanya agar tak dibilang monoton. Dia mencampurkan genre rock dalam musiknya sehingga menjadi folk rock dan bermuatan lebih berat dan selaras dengan liriknya.

3. Jimi Hendrix

http://klimg.com/kapanlagi.com/p/legend-03.jpg

Meski umurnya singkat, namun Jimi Hendrix mewariskan sebuah album yang hebat. Album pertama hingga terakhir semuanya bisa dibilang masterpiece. Riff gitarnya yang ngeblues dan begitu soulfulll membuai serat menginspirasi para gitaris handal saat ini. Banyak para gitaris yang terinspirasi dengan permainan Jimi.

4. Led Zeppelin

http://klimg.com/kapanlagi.com/p/legend-04.jpg

Siapa bilang musik rock tak bisa tampil megah dalam aransemenyya. Stairway To Heaven adalah bukti betapa megahnya aransemen yang dilakukan oleh Led Zeppelin tanpa mengurangi kadar rocknya. Single abadi ini ternyata membutuhkan waktu yang cukup banyak dalam penggarapannya. Untuk part gitarnya saja Jimmy Page membutuhkan 2 minggu dan hasilnya adalah part solo yang mengagumkan.

5. Woody Guthrie

http://klimg.com/kapanlagi.com/p/legend-05.jpg

Woody Guthrie bisa dibilang sebagai bapaknya musik folk. Banyak yang mengatakan jika genre folk ditemukan oleh Woody. Dengan single pertama yang melegenda hingga saat ini berjudul This Land is Your Land. Single ini juga dicover oleh Bob Dylan dengan baik. Woody tak pernah menyangka jika dia akan menemukan term seperti itu.

Sumber : Tentang Musik

No comments:

Post a Comment