Saturday, January 5, 2013

7 Album Terlarang dan Kontroversial

Selamat datang, selamat membaca. Semoga bermanfaat. :)

http://klimg.com/kapanlagi.com/p/cekal-007.jpg

Selain musik, cover album juga menjadi kebebasan berekspresi bagi para musisi. Mereka menuangkan segala ide di dalam pendesainan album agar nampak bagus dan berbeda.

Namun terkadang kebebasan tersebut harus dibatasi agar album ini sendiri bisa dijual di seluruh toko. Para label dan toko rekaman pun menolak dan takut berurusan dengan hukum akibat cover album ini, sehingga mereka meminta artis untuk menggantinya.

Seperti cover-cover berikut ini yang terpaksa diganti agar bisa dijual secara internasional tanpa berurusan dengan pihak berwajib. Para musisi sendiri terpaksa merelakan sebuah cover album yang artistik dan indah ini.

1. Yesterday and Today

http://klimg.com/kapanlagi.com/p/cekal-01.jpg

Cover asli dari band The Beatles ini sangat mengerikan. Band asal Liverpool, Inggris ini berfoto dengan mengenakan jas lab putih dengan potongan boneka bayi yang disulap menyerupai daging. Saat album ini dirilis pada tahun 1966, langfsung mendapat larangan dari badan sensor. Pihak Capitol pun menarik semua album tersebut di pasaran, akan tetapi ada bebarapa yang sudah laku.

Album tersebut diganti dengan pose personel The Beatles yang duduk dan berdiri di dekat sebuah brankas. Jika dilihat memang tak ada nilai seninya sama sekali. Beruntuglah yang sudah mendapatkan cover mengerikan ini karena album tersebut bernilai sangat mahal.

2. Diamond Dogs

http://klimg.com/kapanlagi.com/p/cekal-002.jpg

Guy Peelleart, seniman asal Belgia melukiskan sebuah gambar yang mengerikan di mana David Bowie digambarkan sebagai manusia setengah anjing. Gambaran yang secara detil dan memperlihatkan alat vital Bowie ini membuat album ini mendapat kecaman. RCA Records, selaku label kalang kabut dan segera menarik peredaran album ini. Mereka pun mengedit desain covere tersebut dan menyamarkan di bagian alat vital  sehingga tak terlihat detil. Kabarnya desain labum pertama yang sempat terjual dihargai sangat mahal oleh para kolektor.

3. Virgin Killer

http://klimg.com/kapanlagi.com/p/cekal-003.jpg

Sepanjang karirnya, grup band Scorpions selalu bermasalah dengan cover album yang mereka gunakan. Dari cover yang bermasalah tersebut ada satu cover yang membuat mata dunia terbelalak. Scorpions menampilkan erotisme seoarang gadis berusia 10 tahun di sampul album Virgin Killer. Lantas badans ensor melarang album ini beredar di pasaran sebelum diganti. Scorpions pun akhirnya mengalah dan mengganti cover album Virgin Killer dengan pose personel.

4. Love it To Death

http://klimg.com/kapanlagi.com/p/cekal-004.jpg

Jika kita melihat sepintas mungkin kita tidak akan menemukan hal yang salah dalam sampul album ini.  Namun jika dilihat lebih detil maka akan menemukan kejanggalannya.

Di cover pertama ini sangat vulgar di mana Alice Cooper menunjukkan kemaluannya. Saat dirilis oleh label milik Frank Zappa, Straight, Alice Cooper masih memakai cover tersebut, namun saat album ini didistribusikan oleh Warner Brothers akhirnya cover tersebut diedit.

5. Holywood In The Shadow of The Valley of Death

http://klimg.com/kapanlagi.com/p/cekal-005.jpg

Album yang dirilis pada tahun 2000 ini membuat berang umat Kristiani. Pasalnya Marilyn Manson berpose seperti Yesus saat disalib. Selain itu album ini ditengarai sebagai inspirasi pembunuhan sadis di Columbine High School.

Marilyn Manson sendiri mengungkapkan jika sebenarnya cover album ini memiliki banyak makna. Dia menyindir hipokritnya masyarakat Amerika terhadap nilai-nilai konservatif. Sayangnya masyarakat tidak melihat akan hal itu.

6. Appetite For Destruction

http://klimg.com/kapanlagi.com/p/cekal-006.jpg

Cover debut album miliki Guns N Roses sempat dicekal lantaran terlalu vulgar. Desain yang dibuat oleh, Robert Williams ini menampilkan seorang gadis yang diperkosa oleh alien. anehnya cover ini sempat beredar atas ketidak tahuan dari pihak Geffen Records selaku label. mereka tak menduga jika desain gambar yang indah ini vulgar. Mendapat banyak kecaman, akhirnya pihak Geffen pun menarik dan mengeluarkan desain baru. Karikatur salib serta terngkorak 5 personel ini menjadi pengganti dan merupakan cover ikonik hingga saat ini,. Sementara itu artwork milik Robert williams ditaruh di bagaian dalam cover.

7. Amorica

http://klimg.com/kapanlagi.com/p/cekal-007.jpg

Karena dianggap penghinaan terhadap negara lantaran menampilkan cover album G string berdesain bendera Amerika yang dipakai oleh wanita membuat The Black Crowes menghadapi badan sensor. Album Amorica dilarang beredar apabila tidak diganti. Akhirnya cover album ini diganti dengan desain G String tadi yang tetap ditampilkan namun dengan background hitam disekitarnya. Sehingga terlihat segitiga terbalik berbentuk bendera Amerika.

Sumber : Tentang Musik

No comments:

Post a Comment